Tuesday 9 June 2015

Harga bahan pokok naik, DPRD minta Pemprov Jatim gelar operasi pasar

LENSAINDONESIA.COM: Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Timur diminta segera menggelar operasi pasar untuk menekan harga kebutuhan bahan pokok menjelang bulan Ramadhan.

Anggota Komisi B DPRD Jatim, Zainul Lutfi menilai kehadiran pemerintah penting untuk memastikan stok bahan pokok di wilayah Jatim aman dan tersedia. Naiknya harga di pasar bisa dikendalikan selama stok tersedia.

Baca juga: Komisi B DPRD Jatim desak segera digelar operasi pasar jelang Ramadhan dan Serapan rendah, anggaran Biro SDA Setdaprov Jatim dikepras dewan

“Pemprov dalam hal ini Dinas Perdagangan dan Perindustrian harus segera lakukan operasi pasar. Perlu dipastikan jumlah stok untuk memastikan fenomena harga pasar tetap aman,” ujarnya, Senin (08/06/2015).

Sementara, bila stok barang kosong maka pemerintah segera mengambil sikap untuk segera memenuhinya. Lutfi mengatakan, upaya menutup stok yang dilakukan sekarang itu lebih baik dibanding saat Ramadhan sudah berlangsung. Kenaikan harga lebih mudah saat pemenuhannya jelang Ramadhan.

Ia berharap dua hal itu segera ditindaklanjuti pemerintah, sebab bulan Ramadan tinggal hitungan hari. Terlebih, harga kebutuhan pokok yang ada di pasaran juga sudah mulai merangkak naik. Seperti daging sapi, daging ayam, cabai dan telur.

Terpisah, Wakil Ketua Komisi B DPRD Jatim Ka’bil Mubarok meminta pengendalian harga juga harus dilakukan pemerintah. Saat ini, Pemprov Jatim sudah melakukan pemantauan harga di 130 pasar di wilayah Jawa Timur. Kenaikan harga mulai terjadi. “Kewaspadaan harus terus dilakukan,” papar Ka’bil.

Laporan terakhir yang dia terima, stok bahan pokok di Jawa Timur masih cukup. Kondisi tersebut membantu pemerintah dalam mengendalikan harga. Paling tidak, harga lebih stabil dibanding saat stok barang mulai menipis.

Meski begitu, tambah politisi asal PKB ini, pemerintah harus tetap berhati-hati. Banyak oknum yang ingin mengambil untung di tengah naiknya harga barang di pasar. Bisa jadi, saat ini mereka sudah mulai melakukan penimbunan. Barang timbunan itu baru dilepas memasuki bulan Ramadhan. Mereka mendapat untuk dari perbandingan harga sebelum dan saat Ramadhan.

“Oleh karena itu, pemerintah segera mempersiapkan operasi pasar. Pengendalian harga harus dilakukan maksimal agar masyarakat tidak semakin terbeban,” tukasnya.@sarifa

alexa ComScore Quantcast
counter customisable
Google Analytics NOscript

sumber : Harga bahan pokok naik, DPRD minta Pemprov Jatim gelar operasi pasar

0 comments:

Post a Comment