Thursday 23 January 2014

Presiden SBY sidak ke TMC Lanud Halim Perdanakusuma


LENSAINDONESIA.COM: Presiden RI Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) dan Ibu Ani Yudhoyono beserta rombongan sesaat setelah tiba di Lanud Halim Perdanakusuma sebelum melakukan kunjungan ke Sumatera Utara (Sumut) melakukan inspeksi mendadak (sidak) ke Posko Penerapan Teknologi Modifikasi Cuaca (TMC) untuk Redistribusi Curah Hujan di Wilayah DKI Jakarta dan sekitarnya, Kamis (23/01/14). Sidak dilakukan untuk mengetahui dari dekat keberadaan dan kinerja Posko TMC di Lanud Halim Perdanakusuma dalam mengurangi curah hujan di Provinsi DKI Jakarta, sehingga bencana banjir dapat dikurangi.


Rombongan diterima oleh Kepala Unit Pelaksana Teknis Hujan Buatan (UPTHB) Badan Penerapan dan Pengkajian Teknologi (BPPT) Drs.F.Heru Widodo, M.Si.


Baca juga: Siswa SMA Sulthon Aulia Boarding School dapat LDKS di Lanud Halim dan Pengembangan & pembuatan TMC pada pesawat C-130 Hercules


Menurut Kepala UPTHB BPPT, tentang operasional TMC yang didirikan sejak 13 Januari 2014 hingga saat ini. Sejak TMC dibentuk telah melakukan 15 kali penerbangan pesawat Hercules TNI AU untuk penyebaran 55, 32 ton garam di udara. Kendala kegiatan TMC adalah kontainer kurang atau belum siap sehingga belum maksimal untuk mengurangi curah hujan di Jakarta, sedangkan pesawat Hercules TNI Angkatan Udara siap untuk penyebaran garam di udara.


“Untuk kegiatan terbang malam Pesawat Hercules TNI AU belum dilengkapi peralatan yang memadai sehingga tidak bisa menyabarkan garam pada malam hari,” kata Heru saat memberikan paparan singkat kepada Presiden dan pejabat lainnya di Suma 4 Lanud Halim.


Usai melihat dan menerima penjelasan dari Kepala UPTHB BPPT Presiden SBY memberikan apresiasi atas kinerja seluruh personel yang tergabung dalam Posko TMC di Lanud Halim Perdanakusuma dalam mengurangi curah hujan di DKI Jakarta. Kemudian Presiden SBY memberikan beberapa penekanan seperti menambah peralatan dan pesawat terbang untuk mendukung penyebaran garam di udara.


Selanjutnya rombongan mempersiapkan diri untuk terbang menuju Sumut guna meninjau para korban bencana Gunung Sinabung dan rencana rombongan akan berada di Sumut hingga Sabtu (25/01/14) mendatang. @winarko


alexa ComScore Quantcast

Google Analytics NOscript



sumber : Presiden SBY sidak ke TMC Lanud Halim Perdanakusuma

0 comments:

Post a Comment